SMKN 1 KOTABARU

Forum Diskusi Siswa, Guru, & Alumni
 
IndeksPortalFAQPendaftaranLogin
Share | 
 

 apakah anda tahu stenografi???

Topik sebelumnya Topik selanjutnya Go down 
Pilih halaman : 1, 2  Next
PengirimMessage
Fadil
Siswa Teladan
Siswa Teladan



PostSubyek: apakah anda tahu stenografi???   Tue Jul 28, 2009 6:06 pm

A. PENGERTIAN STENOGRAFI

Sering kita mendengar orang menyebut tulisan steno berarti tulisan cepat. Hal ini timbul karena sebagian orang hanya melihat dari hasil yang dicapai seorang stenografer yang mempu menulis steno dengan cepat, seperti pada saat mencatat suatu percakapan dengan menggunakan tulisan steno. Stenografer mampu mencatat suatu percakapan dengan lengkap karena memakai stenografi, hal ini tidak akan dapat dilakukan apabila memakai tulisan latin biasa.
Stenografi berasal dari bahasa Yunani, yang terdiri dari 2 (dua) kata yaitu
“STENOS” yang berarti singkatan atau pendek
“GRAPHEIN” yang berarti tulisan.
Jadi stenografi ( stenography ) berarti tulisan singkat atau tulisan pendek. Tulisan steno dibuat dan disusun sedemikian rupa pendek dan singkat sehingga mengakibatkan cepat dalam menulisnya. Stenografi menggunakan tanda-tanda khusus yang lebih singkat daripada tulisan panjangnya ( latin), dan kemudian disempurnakan dengan menambah beberapa singkatan ( sudah singkat disingkat lagi ), sehingga waktu yang digunakan untuk menulis stenogramnya lebih cepat dibanding waku untuk mengucapkan kata yang dimaksud.
Misalnya orang yang menulis huruf latin t diperlukan 4 gerakan, sedangkan untuk menulis huruf t dengan menggunakan huruf steno hanya diperlukan satu gerakan saja. Karena hampir setiap lambang atau symbol huruf steno hanya memerlukan satu gerakan saja.
Maka karena pendeknya gerakan atau sedikitnya gerak yang dibutuhkan dalam menulis steno, stenografi jauh lebih cepat dibandingkan dengan menulis huruf latin
Kembali Ke Atas Go down
adult ap
Siswa Pintar
Siswa Pintar



PostSubyek: Re: apakah anda tahu stenografi???   Tue Jul 28, 2009 7:14 pm

ya.... betul tu bro...
kita banga kita dapat menetahui pelajaran steno,,, karna dalm soal menulis kita lebih cepat...
hehehe.... :smile:
Kembali Ke Atas Go down
Rahadian.A
Siswa Pintar
Siswa Pintar



PostSubyek: Re: apakah anda tahu stenografi???   Tue Jul 28, 2009 9:43 pm

Fungsi Dr Stenografi Apa..........................,,,,,,,,,,,,,,,
'N..........,,,,,,,,,, Gmna sc cra na spya cpt pntr dlam stenografi..............,,,,,,,,,,,
Kembali Ke Atas Go down
Fadil
Siswa Teladan
Siswa Teladan



PostSubyek: Re: apakah anda tahu stenografi???   Wed Jul 29, 2009 12:37 am

stenografi brfunsi sebagai....
pesan rahasia,pesan semu,pembangkit kalimat,....
stenografi ini sangat berguna apabila orang yang kita kirimi pesan ada dalm pengawasan dan tidak memiliki komputer,..
misalnya mengrim pesan kepada mitra kerja kita seperti sekretaris. oleh karena itu, seorang sekretaris harus di tuntut untuk bisa atau menguasai stenografi.

spya cpat pintar dalm stenopgarfi...
kita harus menglpal kan huruf-huruf atau kalimat-kalimat..
-Pembentukan kebiasaan yang dilakukan dan menambah ketepatan serta kecepatan pelaksanaan.
-Pemanfaatan kebiasaan yang dilakukan dan menambah ketepatan serta kecepatan pelaksanaan.
-Pembentukan kebiasaan-kebiasaan membuat gerakan-ge­rakan yang kompleks, rumit, menjadi lebih otomatis.
mudahan bemanpaat yg kurang tau stenografi... :shy:
Kembali Ke Atas Go down
adult ap
Siswa Pintar
Siswa Pintar



PostSubyek: Re: apakah anda tahu stenografi???   Wed Jul 29, 2009 2:46 pm

bener sudah kata kaka fadil,,,,,,,,,,,,
namun ada lagi tambahan mengenai stenografi antara lain stenografi terbagi antara lain steno
sistem karundeng.
Kembali Ke Atas Go down
pangeran harla
Siswa Pintar
Siswa Pintar



PostSubyek: Re: apakah anda tahu stenografi???   Wed Jul 29, 2009 5:07 pm

kuring gak ngudeng nyak,,,,,,,,,,
Kembali Ke Atas Go down
adult ap
Siswa Pintar
Siswa Pintar



PostSubyek: Re: apakah anda tahu stenografi???   Wed Jul 29, 2009 5:29 pm

bahasa apa yang kamu pakai ris,,,,,,,,,,,,,,
kalo ngga ngudeng yo wes,,,,,karep mu,,,,,,,,,,,,,
Kembali Ke Atas Go down
Fadil
Siswa Teladan
Siswa Teladan



PostSubyek: Re: apakah anda tahu stenografi???   Wed Jul 29, 2009 7:45 pm

av sih yang kalian bicarakan berdua....
axu kd ngerti....!!! :confused:
Kembali Ke Atas Go down
Rahadian.A
Siswa Pintar
Siswa Pintar



PostSubyek: Re: apakah anda tahu stenografi???   Wed Jul 29, 2009 8:12 pm

Apa lg sc ka' ya diprlkan s'org skretris slaen menguasai stenografi............,,,,,,,,,,,,,
Kembali Ke Atas Go down
Fadil
Siswa Teladan
Siswa Teladan



PostSubyek: Re: apakah anda tahu stenografi???   Wed Jul 29, 2009 8:19 pm

wahh banyak....
harus menguasi masalah peralatan kantor...menguasai surat menyurat(mail handling)
harus tau tata cara rapat dan penyusanan ruang rapat... mengausai kearsipan...
banyk ge deh......
Kembali Ke Atas Go down
Rahadian.A
Siswa Pintar
Siswa Pintar



PostSubyek: Re: apakah anda tahu stenografi???   Wed Jul 29, 2009 8:21 pm

Ssh gk ka' mnjd s'org skretrs tue.................,,,,,,,,,,,,,
Kembali Ke Atas Go down
Fadil
Siswa Teladan
Siswa Teladan



PostSubyek: Re: apakah anda tahu stenografi???   Wed Jul 29, 2009 8:30 pm

wahhh... pipti pipti deh...
tpi mun cwo sih kaya ny susah deh jdy seorang sekretaris...
kebanyakan kan cwe....
Kembali Ke Atas Go down
Rahadian.A
Siswa Pintar
Siswa Pintar



PostSubyek: Re: apakah anda tahu stenografi???   Wed Jul 29, 2009 8:33 pm

Gthu yc ka'.................,,,,,,,,,,,,,
Trz .................,,,,,,,,,,,,,,,, Ka'' snang gk mnjd s'org skretariz................,,,,,,,,,
Kembali Ke Atas Go down
Fadil
Siswa Teladan
Siswa Teladan



PostSubyek: Re: apakah anda tahu stenografi???   Wed Jul 29, 2009 8:37 pm

wisss... wawancara ne yeeee.........
senag...senang banget....
av lagi seorang sekretaris melambangkan warna ungu...
keren banget....
Kembali Ke Atas Go down
Rahadian.A
Siswa Pintar
Siswa Pintar



PostSubyek: Re: apakah anda tahu stenografi???   Wed Jul 29, 2009 8:41 pm

Bkan Wwncara sch...........,,,,,,,,, cman pngen tw z...........,,,,,,,,
Ka" Ntr klw llz,, mw nglanjtn k'mn.............,,,,,,,,
Kembali Ke Atas Go down
 

apakah anda tahu stenografi???

Topik sebelumnya Topik selanjutnya Kembali Ke Atas 
Halaman 1 dari 2Pilih halaman : 1, 2  Next

Permissions in this forum:Anda tidak dapat menjawab topik
SMKN 1 KOTABARU :: JURUSAN :: Administrasi Perkantoran-